Jumat, 23 Februari 2018

Sudah Mengalami Tanda-Tanda Haid Namun Tidak Kunjung Haid? Ini Alasannya !



Mungkin Anda pernah merasa sudah mendapat tanda-tanda akan menstruasi namun tak kunjung haid, seperti mood yang sudah buruk serta beberapa nyeri dan kram di payudara hingga perut. Jika kram perut bisa dihentikan dengan mengkonsumsi Feminax, maka tak ada salahnya untuk mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid untuk mempercepat siklus haid itu.

Haid normal dialami oleh wanita secara berkala setiap bulannya, dan hal tersebut dipengaruhi oleh hormon reproduksi estrogen dan progesteron. Siklus datang bulan yang normal berada pada rentang 21-35 hari dan terjadi paling lama 3-7 hari, diluar hal itu maka siklus menstruasi tidak normal atau tidak teratur.

Penyebab datang bulan telat itu sendiri berbeda-beda bagi setiap perempuan. Beberapa terjadi karena hal normal, dan beberapa lagi terjadi karena efek samping kontrasepsi serta pengaruh kondisi kesehatan. Saat siklus haid sedang terlambat atau tidak kunjung tiba, maka pikirkan terlebih dahulu apakah Anda sedang mengkonsumsi pil kb atau obat-obatan tertentu. 


Untuk informasi lebih lanjut, berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa haid terlambat,

1.       Berat Badan Tidak Normal
Berat badan terlalu rendah dan terlalu tinggi bisa menjadi penyebab kenapa Anda mengalami telat datang bulan, hal tersebut terjadi karena berat badan yang tidak normal mengubah cara kerja tubuh dan mengakibatkan terhambatnya ovulasi.
Feminax obat pelancar haid bisa coba Anda minum agar siklus haid kembali normal, namun pastikan juga Anda mengatur pola makan. Konsumsi makanan yang bergizi dan hindari junk food agar terlambat haid tidak terjadi lagi.

2.       Stress
Stress tidak hanya berdampak pada daya tahan tubuh yang menurun, tetapi juga menjadi penyebab kenapa siklus haid Anda menjadi terlambat. Hal tersebut dikarenakan bagian otak yang mengatur siklus haid mengalami perubahan dan rutinitas harian tubuh terganggu. Stress itu sendiri juga memicu berat badan turun drastis dan menyebabkan siklus haid jadi terganggu.

3.       Menderita Gangguan Makan
Beberapa orang yang mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia, biasanya mereka sering terlambat datang bulan. Hal sama pun juga terjadi apabila Anda mengalami obesitas, bobot tubuh yang berlebihan dan terlalu rendah menyebabkan perubahan hormon yang berdampak pada siklus menstruasi Anda. Jika Anda tidak menderita gangguan makan, maka boleh jadi hal tersebut akibat pola hidup yang tidak sehat dan kurangnya kadar gizi pada tubuh. 

4.       Tumor hipofisis
Hal ini adalah kondisi dimana tumor jinak berkembang di kelenjar hipofisis atau pituitari (kelenjar di bawah otak). Tumor tersebut dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berperan dalam siklus menstruasi dan untuk mengatasinya diperlukan pemeriksaan secara lengkap seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta penunjang lain untuk dapat memastikan diagnosa tersebut.

5.       Penyakit tiroid
Kelenjar tiroid yang ditemukan di leher ini menghasilkan hormon tiroid yang mengontrol pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Hormon ini juga memengaruhi kerja estrogen, salah satu hormon seksual sehingga siklus menstruasi pun ikut dipengaruhi. 

Demikian adalah faktor kenapa Anda sudah mengalami gejala haid namun tak kunjung datang bulan, untuk memperlancar dan mempercepatnya Anda bisa mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid. Namun untuk Anda yang merasa hal tersebut dikarenakan hal diatas, segera periksa ke dokter untuk pencegahan dini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar