Jumat, 23 Februari 2018

Apakah Normal Memiliki Siklus Haid Yang Berkepanjangan?



Haid yang berlebihan atau berkepanjangan disebut dengan menorrhagia, biasanya darah yang keluar terlampaui banyak dan lebih dari 2 minggu. Padahal rata-rata darah yang keluar saat haid normal adalah 30-40 ml. Namun jika Anda tidak bisa mengukur apakah darah yang keluar berlebihan atau tidak, Anda bisa mengecek seberapa sering Anda mengganti pembalut dan mengalami tembus.

Jika cara menghilangkan nyeri haid Anda bisa mengkonsumi Feminax obat pelancar haid atau makanan yang memiliki zat anti-inflamasi, tentu bukan hal yang mudah untuk mengatasi menorrhagia atau haid yang berlebihan.

Gejala Menorrhagia biasanya ditandai dengan banyaknya darah yang keluar serta jangka waktu haid yang tergolong lama, namun haid yang berlebihan juga di ikuti dengan dysmenorrhea. Tentu cara menghilangkan nyeri haid tersebut Anda bisa minum Feminax obat pelancar haid.

Meskipun haid yang berlebihan bukan faktor karena terjadi kondisi serius, tetap saja haid yang berlebihan sangat mengganggu. Secara emosi dan tubuh yang semakin lemas juga jika berlebihan dapat menyebabkan anemia. Untuk mengatasinya Anda disarankan untuk mengganti pembalut setiap 2 jam sekali, jangan lupa untuk konsultasi ke dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa pemicu terjadinya haid berlebihan atau menorrhagia,

  1. Kanker, seperti kanker rahim atau serviks.
  2. Gangguan pada ovarium, yang dapat menyebabkan siklus hormon dan proses ovulasi tidak terjadi pada umumnya.
  3. Radang panggul, misalnya karena infeksi pada organ reproduksi, baik pada rahim, indung telur, atau saluran telur.
  4. Fibroid rahim, merupakan tumor jinak pada rahim.
  5. Endometriosis, yaitu kondisi ketika jaringan dari lapisan dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rahim.
Sebetulnya masih banyak faktor yang memicu kenapa perempuan mengalami haid yang berkepanjangan atau berlebihan, namun seandainya Anda mengalaminya sebaiknya segera ke dokter untuk segera diperiksa. Biasanya setelah Anda ke dokter pemeriksaan yang biasa dijalani adalah dilakukannya pemeriksaan darah dan pap smear serta usg rahim. Dengan detailnya pemeriksaan tersebut Anda akan lebih tenang jika tidak ditemukan hal serius, jika ada hal yang membahayakan pun akan segera dilakukan pencegahan dini.

Untuk membuat siklus haid tetap nyaman sekaligus darah yang keluar terlampaui banyak, Anda bisa memakai diva cup untuk mengurangi rasa tak nyaman dan gatal saat memakai pembalut. Namun jika tetap menggunakan pembalut sebaiknya hindari pembalut yang beraroma dan pakai ukuran night atau yang panjang. Setelah itu rutin bersihkan dan ganti setiap 2 jam sekali.

Untuk mengatasi nyerinya Anda bisa mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid, darah yang keluar akan lebih lancar dan bisa berpotensi mempercepat siklus. Feminax juga akan membantu meredakan nyeri yang di alami. Namun jangan dikonsumsi secara berlebihan untuk menghindari efek samping dan ketergantungan. Segera ke dokter jika perasaan Anda was-was dan gejala yang diberikan berlebihan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar