Senin, 27 November 2017

Cara Mengatasi Masalah Dismenore Saat Haid?


Dismenore adalah istilah medis untuk keram otot yang menyebabkan nyeri saat sebelim atau selama periode haid. Ada 2 tipe dismenore, yakni primer dan sekunder. Dismenore primer adalah nama lain dari istilah kram saat haid yang biasa terjadi. Kram biasanya terjadi pada wanita, satu atau dua hari sebelum haid. Biasanya nyeri ini terasa di perut bagian bawah atau punggung, mulai dari nyeri ringan sampaui nyeri berat.

Kram saat haid ini umumnya sering terjadi sebelum atau pada periode awal haid san terus berlanjut sampai 3 hari setelahnya. Nyeri ini akan berkurang dengan sendirinya seiring bertambahnya usaia dan dapat berhenti sepenuhnya setelah wanita memiliki bayi pertamanya. Sedangkan dismenore sekuder adalah nyeri yang disebabkan oleh ganggyan pada organ reproduksi wanita. Kram ini biasanya mulai lebih awal dalam siklus haid dan berlangsung lama dari kram haid pada umumnya.
Lantas, bagaimana cara menghilangkan nyeri haid?
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghilangnya nyeri haid, yakni dengan mengkonsumsi aspirin atau parasetamol sebagai pereda nyeri. Dan jika ingin meredakan nyeri, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi obat pereda nyeri ini saat siklus haid dimulai. Kemudian cara kedua untuk menghilangkan nyeri haid adalah dengan meletakan botol berisikan air hangat atau handuk hangat pada punggung bagian bawah atau pada perut bagian bawah.
Sedangkan untuk meredakan kram karena haid Anda perlu :
Istirahat yang cukup.
Hindari makanan serta minuman yang mengandung kafein dan garam.
Hindari alkohol dan rokok.
Pijat punggung dan perut bagian bawah.
Dan cara menghilangkan nyeri haid yang paling efektif adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga ini juga bermanfaat untuk membantu mencegah kram. Untuk itu, lakukanlah dengan rutin setiap minggunya. Akan tetapi, jika cara menghilangkan nyeri haid yang sudah dijelaskan diatas tidak membantu, maka pergilah ke dokter dan lakukan konsultasi.

Dokter biasanya akan memberkan obat untuk Anda, seperti ibuprofen dengan dosis yang lebih tinggi dibandingkan yang dijual di apotik atau memberikan resep lain untuk pereda nyeri. Dan yang perlu Anda ketahui dari mengkonsumsi obat sebagai cara menghilangkan nyeri haid adalah, obat-obatan ini tidak bekerja pada organ reproduksi Anda, melainkan bekerja pada sarasf pusat yang mana kemudian mensugestii diri untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar