Senin, 05 Maret 2018

Atasi Tubuh Lemas Akibat Haid Dengan Cara Ini !



Saat haid, selain kram perut dan emosional beberapa wanita juga menderita sakit kepala dan tubuh yang lemas. Hal tersebut dialami karena kekebalan tubuh beberapa wanita dalam menghadapi rasa nyeri berbeda-beda, darah yang keluar juga menyebabkan anemia ringan sekalipun hanya dialami oleh beberapa wanita saja. 

Cara menghilangkan nyeri haid sebetulnya mudah, cukup lakukan olahraga ringan, konsumsi air hangat dan usap perut dengan minyak kayu putih. Anda juga bisa mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid untuk semakin meredakan rasa nyeri dan memperlancar siklus haid.

Namun untuk mengatasi tubuh yang lemas dan pusing Anda harus menambah asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan penambah darah, dan berikut makanan yang harus Anda konsumsi agar terhindar dari sakit kepala dan tubuh lemas akibat haid,

1.       Kentang
Kentang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita anemia, kandungan zat besi yang banyak sangat baik dalam pembentukan sel darah. Saat haid, mengkonsumsi kentang juga membantu memperlancar siklus. Kentang juga menambah energi bagi Anda, sehingga saat haid rasa nyeri dan rasa lemas akan teratasi dengan mengkonsumsi kentang.

2.       Tomat
Tomat yang menyegarkan akan membuat tubuh lebih fresh dan tidak lemas, kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat juga sangat baik dalam membantu proses penyerapan zat besi. Dengan bertambahnya zat besi yang terserap dalam tubuh, maka zat penambah darah pun meningkat. Dengan  minum jus tomat, Anda akan terhindar dari anemia ringan akibat haid.

3.       Kol
Kol dipercaya sebagai sayuran yang efektif dalam proses menambah darah, kadungan yang kaya akan potasium dapat menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan aliran darah selalu lancar. Kol juga membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, jika Anda ingin haid tidak menyiksa dan lancar maka mengkonsumsi kol sangat dianjurkan.

4.       Brokoli
Jika Anda ingin terhindar dari rasa lemas dan pusing saat haid sekaligus mencari cara menghilangkan nyeri haid, mengkonsumsi brokoli adalah jawabannya. Kandungan zat besi yang tinggi dalam brokoli bisa menambah darah di dalam tubuh. Brokoli juga banyak mengadung asam folat dan vitamin B kompleks, dan zat tersebut membantu proses pembentukan sel darah merah yang baru. Anti oksidan tinggi yang terkandung pada brokoli juga akan mencegah kanker payudara dan rahim.

5.       Bayam
Bayam memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, zat besi sangat berpengaruh dalam pembentukan sel darah merah sehingga mengkonsumsi bayam adalah cara terbaik untuk mengatasi kekurangan darah. Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung vitamin C, Vitamin B9, dan beta karoten, sehingga mengkonsumsi bayam juga akan memberi manfaat kesehatan lain.

Demikian adalah makanan penambah darah yang akan mengatasi rasa lemas dan sakit kepala saat haid. Jika Anda mencari cara menghilangkan nyeri haid, mengkonsumsi beberapa  makanan di atas juag akan membantu. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar