Senin, 05 Maret 2018

Pernah Mengalami 2 Kali Haid Dalam Sebulan ? Ini Penyebabnya !



Normalnya, wanita mengalami siklus haid sekali dalam sebulan. Namun banyak keluhan yang mengatakan bahwa beberapa wanita mengalami siklus haid hingga dua kali dalam sebulan. Hal tersebut bisa terjadi akibat hormon yang tidak seimbang atau tanda dari penyakit tertentu.

Haid yang belum tuntas juga bisa jadi pemicunya, dinding rahim yang harusnya meluruh seluruhnya masih tersisa dan masih ada darah yang belum keluar. Oleh karena itu untuk memastikan haid lancar dan tuntas Anda bisa mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid.

Namun mengalami haid dua kali dalam sebulan masih bisa dikatakan normal, sebab jarak siklus haid itu sendiri adalah antara 21 – 45 hari. Namun Anda juga harus mengetahui penyebabnya untuk mengetahui apakah hal tersebut merupakan hal normal atau karena indikasi sebuah penyakit.

Berikut penyebab terjadinya dua kali haid dalam sebulan,

1.       Stress
Stress adalah faktor kenapa wanita bisa mengalami dua kali haid dalam sebulan, hal tersebut karena stress bisa mengubah siklus haid untuk sementara. Untuk menghindari stress dan mengalami siklus haid dua kali dalam sebulan, Anda harus mengurangi aktivitas berat yang malah menambah beban pikiran. Lakukan kegiatan menyenangkan di akhir pekan untuk membuat pikiran lebih fresh sehingga mudah dalam mengatasi masalah lain.

2.       Masa Pubertas
Mengalami dua kali haid dalam sebulan adalah hal normal bagi wanita yang baru mengalami pubertas. Pada masa pubertas, siklus haid memang belum teratur. Beberapa wanita tidak hanya mengalami siklus haid dua kali sebulan saja, tetapi ada juga yang hanya mengalami satu kali haid dalam kurun waktu 2 – 3 bulan. Jika Anda baru masuk masa pubertas dan mengalami nyeri haid serta haid tidak lancar, cobalah untuk mengkonsumsi Feminax Obat Pelancar Haid.

3.       Berat Badan Turun Dengan Ekstrim
Berat badan yang mengalami penurunan dengan drastis juga mempengaruhi siklus haid, jika Anda mengalami haid dua kali dalam sebulan sebaiknya Anda meninjau kembali berapa berat badan yang hilang dalam waktu dekat. Gangguan haid seperti ini biasanya juga dialami oleh seseorang yang mengalami gangguan makan seperti penderita anoreksia dan nervosa. Obesitas dan berat badan yang naik secara tiba – tiba juga menjadi pemicu kenapa seseorang bisa mengalami haid dua kali.

4.       Kelainan Hormon
Sindrom ovarium polikistik adalah kelainan hormonal umum yang dapat menjadi penyebab timbulnya kista berukuran kecil dalam ovarium. Kista kecil tersebut yang menyebabkan siklus haid tidak normal dan tidak teratur. Dan untuk mengetahui apakah hal tersebut disebabkan oleh kelainan hormon, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan.

5.       Kelenjar Tiroid
Kelenjar tiroid atau hipertiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid dalam tubuh menghasilkan hormon tiroksin yang berlebihan. Dengan adanya gangguan ini, metabolisme tubuh jadi menurun dan siklus haid ikut terpengaruh. 

6.       Radang Panggul
Pelvic Inflammatory atau biasa dikenal dengan penyakit radang panggul adalah infeksi pada organ reproduktif wanita dan terjadi pada ovarium, serviks, uterus atau tuba fallopi. Infeksi yang terjadi pada organ reproduksi ini juga menjadi penyebab kenapa Anda mengalami gangguan siklus haid.

Untuk memperlancar dan meredakan nyeri haid Anda memang bisa mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid, namun jika sudah menyangkut kesehatan kewanitaan sebaiknya Anda segera menemui dokter. Jika Anda terlalu sering mengalami haid dua kali dalam sebulan dan mengalami sakit yang luar biasa pada bagian perut, segera konsultasikan ke dokter untuk diketahui dengan jelas penyebabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar