Senin, 22 Januari 2018

Ada Banyak Faktor Yang Menyebabkan Nyeri Haid

Hal yang paling tidak mengenakkan saat haid adalah nyeri yang dirasakan, tak hanya kram perut saja tetapi nyeri juga dirasakan di area punggung dan menyebabkan pinggal pegal. Akibat nyeri haid itu lah banyak pekerjaan dan aktivitas yang terhambat, beberapa wanita pun melakukan banyak hal untuk mencari pereda nyeri haid yang cocok.

Nyeri haid atau kram perut terjadi akibat meningkatnya zat prostaglandin di dalam tubuh,zat tersebut berfungsi untuk memicu kontraksi pada otot. Otot rahim yang berkontraksi yang membuat darah keluar dari miss V dan otot rahim yang berkontraksi juga menyebabkan nyeri haid. Zat tersebut tak hanya mengatur kontraksi otot rahim saja, tetapi juga otot lain sehingga terkadang saat haid Anda juga mengalami nyeri punggung dan pinggang pegal.

Siklus haid yang tidak lancar dan tidak teratur juga memicu terjadinya nyeri haid. Tubuh yang sudah lama tidak mengeluarkan cairan pada akhirnya mengeluarkannya dan terpicu lah rasa nyeri tersebut. Jadi ketika Anda merasakan nyeri haid, bisa jadi pada saat itu siklus haid Anda memang tidak lancar. Untuk membuat haid lancar Anda bisa mengkonsumsi jamu, ramuan kunyit dan jahe juga efektif digunakan sebagai pereda nyeri haid.

Perempuan yang terlalu muda saat pertama kali mengalami siklus haid juga berpeluang merasakan nyeri haid. Namun saat usia sudah dewasa kemungkinan nyeri haid sudah tidak akan terasa lagi. Haid yang sedang banyak-banyaknya juga memicu nyeri haid, hal tersebut disebabkan oleh banyaknya darah yang dikeluarkan.

Bahkan nyeri haid juga bisa diturunkan, jika ibu atau nenek Anda dulunya juga selalu merasakan nyeri haid, maka bisa jadi nyeri haid yang Anda alami adalah turun temurun. Namun belum ada Wanita yang kerabat keluarganya memiliki kram menstruasi. Namun belum ada bukti dan fakta jelas mengenai hal itu.

Untuk Anda yang merokok dan peminum alkohol, maka bersiap-siaplah untuk merasakan nyeri pada saat haid. Sebab rokok dan alkohol bisa membuat kram perut dan memperburuk nyeri haid. Sering mengkonsumsi junk food dan jarang olahraga juga akan membuat haid Anda terasa sakit dan lemas. Oleh karena itu Anda harus menerapkan pola hidup sehat dari sekarang.

Untuk membuat nyeri haid hilang dan reda, Anda bisa menjadikan teh beraroma mint atau susu kedelai sebagai pereda nyeri haid. Aroma teh dan mint akan membuat Anda lebih rileks, kafein bisa membantu meredakan nyeri haid namun jangan terlalu banyak. Mengkonsumsi kafein yang berlebihan saat haid justru akan memperburuk rasa nyeri. Untuk membuat tubuh selalu sehat dan bebas dari nyeri haid Anda harus rajin berolahra dan banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar