Minggu, 14 Januari 2018

Anda Mengalami Sakit Punggung Saat Haid? Ini Cara Mengatasinya !

Haid adalah hal umum dan normal terjadi pada para wanita, namun yang membuat tidak nyaman adalah rasa nyeri atau kram perut yang dialami. Beberapa wanita bahkan mengalami pegal-pegal dan sakit punggung. Beberapa wanita pun kesulitan menemukan pereda nyeri haid yang efektif. Lalu apa hubungannya nyeri haid dengan sakit punggung dan apakah hal tersebut menandakan suatu gejala penyakit ?

Tak perlu khawatir, karena sakit punggung ternyata juga efek dari kontraksi yang terjadi selama haid. Hal tersebut diakibatkan oleh ketegangan otot perut yang berkontraksi saat peluruhan dinding rahim. Dan hal tersebut tak hanya mengenai otot perut yang menyebabkan kram tetapi juga pada otot punggung, panggul,pinggang dan paha atas. Oleh karena hal itu area pinggang hingga punggung Anda terasa sangat tidak nyaman dan sakit saat haid tiba.

Hal tersebut juga dipicu akibat meningkatnya hormon prostaglandin menjelang haid, dimana hormon tersebut berfungsi sebagai pemicu kontraksi otot rahim. Ketika hormon prostaglandin meningkat sangat tinggi, maka otot bagian tubuh lain juga ikut berkontraksi.
Jadi nyeri haid hadir bersamaan dengan nyeri di area sekitarnya, dan Anda harus cepat mencari pereda nyeri haid agar rasa tak nyaman akibat kram perut dan sakit punggung menghilang. Sebab nyeri punggung ternyata juga membuat aktivitas menjadi terhambat, oleh karena itu hal di bawah ini bisa Anda coba untuk meredakan sakit punggung hingga nyeri haid yang Anda alami,

1. Mandi Air Hangat
Saat haid tiba usahakan untuk mandi dengan air hangat, air hangat akan membantu meredakan nyeri haid dan sakit punggung. Ketika kram perut dan sakit punggung tak ada salahnya untuk mengkompresnya dengan air hangat, caranya adalah dengan menaruh air hangat ke botol kaca. Rasa hangat akan memberi sensasi nyaman, dengan botol kaca pun lebih memudahkan dan tak perlu khawatir air tumpah.

2.Tidur Cukup
Ketika haid tiba maka jangan sesekali mencoba untuk bergadang, tidur yang cukup namun jangan berlebihan. Selingi juga dengan olahraga ringan, punggung yang terlalu lama berbaring juga tidak bagus.Jadi tidur secukupnya dan jangan hanya menghabiskan waktu berdiam diri. Olahraga ringan yang cocok dilakukan adalah dengan melakukan pemanasan selama 10 menit setiap pagi hari sebelum beraktivitas. Dengan membiasakannya maka ketegangan otot akan mengendur dan nyeri serta sakit punggung tak akan terasa saat haid tiba. Ketika tidur pun ada bisa mencoba posisi meringkuk atau taruh kaki pada bantal bertumpuk.

3. Hindari Alcohol dan Junk Food
Minuman yang mengandung kadar alcohol serta kolestrol dan tinggi gula akan memperburuk kondisi nyeri atau sakit punggung. Sebaiknya cukupi saja dengan minum air putih hangat atau seduhan madu. Air jahe dicampur madu juga jadi pilihan pereda nyeri haid terbaik.
                                                                                       
Demikian adalah cara mengatasi sakit punggung saat siklus haid, ketika Anda juga mengalami nyeri haid maka tak ada salahnya untuk mencoba hal di atas. Sebab sakit punggung berkaitan erat dengan nyeri haid. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar